Langkah-langkah Membeli Domain Website

Langkah-langkah Membeli Domain Website

July 10, 2024

Source: Freepik.com

Saat membuat bisnis online, salah satu hal yang diperlukan adalah membuat domain name. Domain name adalah alamat website bisnis Anda yang nantinya akan ditemukan oleh calon konsumen.

Domain name ini harus unik untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis lainnya. Maka dari itu, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk memilih domain website bisnis Anda. 

Artikel ini akan menjelaskan apa saja yang harus Anda lakukan untuk membuat domain name, bagaimana memilih nama yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan apa saja langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melihat apakah domain tersebut belum digunakan, serta bagaimana mendaftarkan domain Anda.

Definisi Domain

Saat memasuki sebuah website, Anda akan melihat angka angka seperti berikut

123.32.21.321

Angka-angka tersebut disebut sebagai alamat IP. Alamat ini menandakan lokasi dari website Anda. Untuk memudahkan konsumen untuk menemukan alamat website Anda, maka Anda perlu untuk membuat domain name. Domain Name System (DNS) memudahkan konsumen untuk menemukan alamat IP website Anda sehingga mudah untuk diingat. Domain name ini yang nantinya akan diketik oleh konsumen pada search bar, seperti saat Anda mengetik Google.com atau Gmail.com.

Terdapat dua tipe dari domain name dengan skala level yang berbeda, diantaranya adalah:

  • Second-level domains (SLDs): Nama unik dari website Anda yang akan mempresentasikan website Anda. 

  • Top-level domains (TLDs): TLDs adalah kode unik yang tertera setelah nama domain Anda. Biasanya TLDs juga disebut sebagai extensions. Misalnya seperti .com, .co.id, .org, dan sebagainya. 

Langkah-langkah membeli nama domain

Nama domain website Anda akan sangat berpengaruh terhadap online presences dari bisnis Anda. Setelah menemukan domain dengan nama yang unik, brandable, dan mudah diingat, langkah selanjutnya adalah membeli nama domain tersebut. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan pendaftaran nama domain: Anda bisa memulai dengan menentukan dimana Anda akan mendaftarkan domain website Anda. 

  2. Memastikan apabila nama domain masih tersedia: Nama domain yang Anda daftarkan tidak bisa dipakai jika sebelumnya sudah digunakan oleh website lain. 

  3. Memilih nama domain: Anda bisa membuat list dari potensial nama-nama domain yang akan Anda daftarkan. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan extension domain Anda. 

  4. Beli nama domain dan lengkapi registrasinya: Ketika Anda sudah yakin dengan nama domain Anda, langkah berikutnya adalah dengan membelinya. Saat proses registrasi, Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa informasi.

  5. Verifikasi kepemilikan: Setelah membeli domain, Anda akan mendapatkan email untuk verifikasi sehingga tidak ada yang bisa menggunakan nama domain tersebut diluar dari izin Anda. Langkah ini hanya memerlukan Anda untuk meng-klik ‘Verify’ pada email yang Anda terima dan Anda bisa mengikuti langkah selanjutnya untuk membangun bisnis Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan nama domain untuk website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda!