Loyalty Programs: Cara Kerja, Jenis-jenisnya, dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Loyalty Programs: Cara Kerja, Jenis-jenisnya, dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

July 23, 2024

Source: Freepik

Setiap bisnis memerlukan strategi dan inovasi secara terus menerus agar dapat bertahan di pasar dengan persaingan yang ketat.

Selain dengan mengandalkan strategi marketing seperti influencer marketing, paid ads, iklan di sosial media, dan lainnya, pelaku bisnis juga perlu mempertimbangkan loyality program. Loyality program atau program loyalitas merupakan salah satu strategi marketing yang bisa digunakan bisnis untuk menarik pelanggan agar terus membeli produk bisnis Anda. Program ini memberikan penghargaan kepada pelanggan yang sering membeli produk Anda dengan penawaran seperti diskon produk, penawaran khusus, dan poin-poin yang bisa ditukar untuk produk tertentu, dan manfaat lainnya. Bagaimanapun bentuk penawaran yang ditawarkan, tujuan utama dari loyalty program tidak jauh dari meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan interaksi brand dengan pelanggan, serta untuk meningkatkan profits bisnis. 

Loyalty programs ini dapat menguntungkan baik penjual maupun pembeli. Dimana ketika pelanggan melakukan pembelian produk Anda secara berulang, akan meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Sedangkan untuk pelanggan tersebut, mereka akan diuntungkan pada pembelian berikutnya dimana mereka mendapatkan potongan harga atau keuntungan lainnya. Setiap jenis program loyalitas bekerja dari setiap bisnis bekerja secara berbeda-beda, namun secara umum, proses program ini antara lain sebagai berikut:

  1. Pelanggan melakukan pembelian dan memberikan informasi mereka kepada perusahaan

  2. Perusahaan akan menawarkan pelanggan untuk mendaftar program loyalitas

  3. Jika pelanggan menyetujuinya, pelanggan akan mendaftar dan mulai menerima hadiah atas pembelian tertentu

  4. Semakin banyak produk yang dibeli oleh pelanggan, maka akan semakin baik pula hadiah yang nantinya pelanggan terima.

Manfaat dari program loyalitas untuk bisnis Anda

Untuk beberapa brand, program ini sudah banyak dilakukan dan sudah dikenal luas. Tidak hanya sebagai alat retensi, namun manfaatnya bisa beragam tergantung dari tujuan perusahaan. Berikut beberapa manfaat program loyalitas untuk kelangsungan bisnis:

  1. Bisnis Anda tidak lagi bersaing berdasarkan harga: Saat ini, pelanggan sudah semakin pintar dalam membandingkan harga sebuah produk dari beberapa toko. Dengan program loyalitas, pelanggan secara emosional akan lebih memilih untuk membeli produk Anda. Hal tersebut terjadi karena pelanggan merasa mendapat penghargaan atas pembelian mereka, dan ini juga menjadi pembeda antara bisnis Anda dan bisnis lainnya.

  2. Meningkatkan retensi: Program loyalitas ini dapat meningkatkan retensi pelanggan secara signifikan. Dengan memberi penghargaan seperti poin yang bisa ditukar dengan salah satu produk Anda, maka pelanggan akan semakin tertarik untuk terus membeli dan secara tidak langsung akan meningkatkan retensi bisnis Anda.

  3. Meningkatkan CLV: CLV adalah laba bersih yang dikaitkan dengan keseluruhan hubungan yang Anda jalin dengan pelanggan. Program loyalitas dapat meningkatkan CLV dengan meningkatkan nilai pesanan rata-rata dan frekuensi pembelian pelanggan Anda. 

  4. Mendorong pemasaran dari mulut ke mulut: Saat pelanggan mendapatkan penghargaan, kemungkinan besar mereka akan memberitahu orang lain tentang pengalaman mereka. Hal ini dapat membantu mendorong untuk memperluas jangkauan brand Anda.

Beberapa program loyalitas yang umum digunakan adalah

  1. Point-based: Pada program ini, pelanggan akan mendapatkan poin setiap pembelian atau setelah memberikan feedback. Kumpulan poin tersebut, kemudian dapat dimanfaatkan oleh pelanggan dengan berbagai kesempatan, misalnya seperti giveaway atau untuk potongan harga pada pembelian berikutnya. 

  2. Tier-based: pada program ini, pelanggan diberikan level-level seperti silver, gold, dan diamond level. Dimana untuk mencapai tahapan tertentu, pelanggan harus melakukan pembelian dengan nominal yang ditentukan. Semakin tinggi level dari pelanggan tersebut, maka semakin besar pula hadiah yang nantinya mereka terima. 

  3. Subscription-based: Program berlangganan, yang juga dikenal sebagai program loyalitas premium, adalah tempat pelanggan berlangganan, membayar biaya di muka untuk suatu produk atau layanan, dan menerima imbalan sebagai imbalannya.