Mengenal Biaya Transaksi di Platform Shopify

Mengenal Biaya Transaksi di Platform Shopify

April 17, 2024

Source: internal

Salah satu platform e-commerce berbasis cloud yang memudahkanmu untuk membangun dan menjalankan toko online. Shopify hadir sebagai solusi untukmu fokus dalam penjualan, dengan tidak terlalu memikirkan hal teknis.

Melalui Shopify, kamu dapat dengan mudah mengelola produk yang dijual serta menampilkannya secara menarik melalui pilihan tema yang tersedia di Shopify. 

Tidak hanya dalam pengelolaan produk, namun marketing dan promosi pun kamu dapat memanfaatkan fitur yang disediakan Shopify dalam menarik minat pelanggan. 

Opsi pengiriman yang beragam juga jadi salah satu keunggulan yang membuat Shopify begitu diminati.

Nah, pada artikel ini akan membantumu dalam mengetahui pilihan plan Shopify yang tepat dengan mengetahui biaya transaksi yang dikenakan. 

Fitur Utama yang Ditawarkan Shopify

(foto online. Sumber: Shopify.com)

Pada dasarnya Shopify sendiri memiliki enam layanan yang dapat kamu gunakan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Apps

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Shopify, bagi kamu sebagai seorang penjual online dengan memberikan rekomendasi aplikasi sesuai kebutuhan. 

Shopify telah bekerjasama dengan lebih dari 8.000 aplikasi, dalam membuat kustomisasi keinginan toko online yang sesuai keinginan. 

Serta tentunya, aplikasi yang bekerjasama dengan Shopify sendiri sudah melewati 100 tahapan kurasi.

  1. Marketing

Shopify juga menawarkan integrasi marketing, sehingga kamu akan bisa mendapatkan pembeli potensial dan bagaimana cara menjangkau mereka. 

Hal ini dapat terjadi berkat pemanfaatan content marketing, SEO, targeted ads, dan media sosial. 

Selain itu kamu juga dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui beberapa medium yang disediakan Shopify seperti email marketing. 

Serta Shopify akan membantumu dalam menentukan segmentasi pelanggan yang ditargetkan dan wawasan khalayak dalam mendorong pertumbuhan bisnis melalui pemasarasan yang dipersonalisasi. 

  1. Analytics 

Salah satu fitur yang pastinya dapat meningkatkan penjualan online, dengan menganalisa produk terlaris dan tren penjualan. 

Melalui fitur analitik dari Shopify yang memudahakanmu , karena dapat memantau seluruh data penjualan dalam satu dasbor. 

  1. Inventory & Fulfillment 

Ketika menjalankan bisnis secara online, dua proses ini menjadi rantai penting barang yang diterima oleh pelanggan.

Melalui Shopify, kamu dapat dengan mudah mendapatkan bantuan dalam mengatur pengelolaan, penyimpanan dan pemenuhan produk yang kamu jual. 

Kamu akan mendapatkan metode pengendalian otomatis yang akan dijalankan Shopify, sehingga kamu dapat berfokus pada pengembangan bisnis lainnya. 

  1. Shipping

Dengan menggunakan Shopify, kamu dapat mengatur tarif pengiriman secara gratis, tetap atau terhitung yang ditampilkan di pembayaran untuk pelanggan. 

Sehingga tarif dari pengiriman saat menggunakan Shopify, dapat kamu sesuaikan untuk biaya yang mana hal ini memperkecil kemungkinan adanya biaya tidak terduga akibat permasalahan pengiriman. 

  1. Order Management

Salah satu fitur efisien lain yang diberikan Shopify, ketika kamu menggunakan jasanya. Yaitu manajemen order yang memudahkan perihal pelacakan hingga pengirman pesan kepada pelanggan.

Selain kontrol stock barang produk, kamu juga dapat melakukan pengembalian dana ketika terjadi permasalahan melalui order management dari Shopify. 

Transaction Fee di Shopify

Pada platform Shopify, terdapat transaction fee yang berlaku untuk setiap transaksi pesanan di website Shopify menggunakan metode pembayaran third-party atau payment gateway. 

Setiap plan memiliki besaran biaya yang berbeda, seperti pada plan Basic untuk transaction fee dikenakan biaya 2% per transaksi, lalu plan Shopify sebesar 1% per transaksi, dan untuk plan Advanced dikenakan 0% per transaksi. 

Selain itu, periode perhitungan untuk tagihan transaction fee sama dengan periode masa berlangganan. Misalnya, kamu memiliki 15 pesanan yang diterima dari 1 Januari s.d. 10 Februari 2024, di mana 5 pesanan di antaranya masuk pada 2 s.d. 10 Februari 2024. 

Maka hanya 10 pesanan yang akan ditagihkan transaction fee pada periode yang sama. Transaction fee dari pesanan tersisa akan ditagihkan pada periode selanjutnya, yakni pada billing 1 Februari s.d. 1 Maret 2024.

Contoh Perhitungan Transaction Fee di Shopify

Untuk mempermudah kamu dalam mengetahui perhitungan dari transaction fee di Shopify, berikut adalah rumus perhitungannya.

Total Nominal Seluruh Pesanan Dalam 1 Periode x 2% + PPN 11% = Total Tagihan Transaction Fee

Sebagai contoh, apabila kamu berlangganan Basic Plan Shopify dengan transaction dengan fee 2% per transaksi dengan contoh perhitungan periode 1 Januari - 1 Februari 2024, maka contoh perhitungannya adalah sebagai berikut. 

Total Jumlah Pesanan Dalam 1 Periode = 10 Pesanan

Total Nominal Seluruh Pesanan Dalam 1 Periode = Rp15.000.000

PPN  = 11%

(Rp15.000.000 x 2%) + 11% = Rp333.000

Maka transaction fee yang perlu dibayarkan adalah Rp333.000

Ketentuan biaya transaksi di Shopify dapat mengalami perubahan sesuai peraturan dan ketentuan platform yang berlaku. 

Nah itu dia perhitungan transaction fee yang akan dikenakan saat kamu menggunakan Shopify. Jika tertarik menggunakan Shopify untuk membantumu dalam mengelola produk, kamu dapat klik link berikut untuk mengetahui detail lengkap dari biaya langganan yang ditawarkan.

Tentu dengan berlangganan Shopify melalui SWIFT Hub kamu akan mendapatkan kemudahan dalam pembayaran. Seperti penggunaan virtual account, Debit dan e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. 

Semoga artikel di atas dapat membantumu, dalam menentukan pilihan plan Shopify yang tepat dengan bisnismu!